Jumat, 22 September 2017

Bilangan Loncat

Media Pembelajaran Mencari Pola Bilangan Loncat untuk Kelas 2 SD

Anak-anak usia sekolah dasar memiliki taraf berpikir konkret sehingga materi yang tervisualisasikan akan memudahkan pemahaman mereka. PPP atau yang lebih dikenal dengan nama PPL yang saya lakoni sudah hampir 3 minggu ini membuat saya harus kreatif menciptakan media pembelajaran untuk mempermudah proses penyampaian materi. Seperti materi bilangan loncat di kelas 2 yang tidak semua anak menguasainya. Oleh karena itu, saya menyediakan kartu bilangan secara acak untuk diurutkan kemudian dipasang pada kawat penghubung dan pohon-pohon tiruan. Mirip jemuran pakaian. Maka dari itu, saya menamainya “Menjemur Kaos Bilangan Loncat 2”.
Bahan media yang dibutuhkan yaitu kartu bilangan yang sudah dilubangi bagian atasnya, pohon tiruan dari sterofoam, dan kawat untuk menghubungkan.
DSCN3082         DSCN3085
Pertama tempelkan lambang dan nama bilangan yang sesuai.
DSCN3080         DSCN3083
10 orang siswa dapat maju ke depan dan guru memberi mereka kartu tersebut secara acak. Guru dapat mengarahkan siswa yang duduk untuk mengurutkan pola bilangan loncat secara bersama-sama. Siswa yang memegang bilangan terkecil diharuskan berada di posisi paling kanan, dan yang terbesar di posisi paling kiri.
Setelah kartu sudah terurut, maka dapat dimasukkan pada kawat penghubung lewat lubang yang ada.
DSCN3093      =DSCN3089
Dari sini, siswa akan belajar sekaligus dua materi, yaitu mengenal bilangan loncat, dan mengenal lambang serta nama bilangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar